Mitsubishi Fuso Luncurkan Super Great Model 2019, Truk Heavy-duty Dilengkapi Teknologi Kemudi Otomatis

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu produsen kendaraan niaga terbesar di Asia, di bawah naungan Daimler Truck Asia, meluncurkan Super Great model tahun 2019 di Tokyo Motor Show, Jepang (23/10).

Super Great terbaru ini merupakan HDT (Heavy-duty) pertama di Jepang yang dilengkapi dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2, setara dengan teknologi pendukung kemudi otomatis dari the Society of Automotive Engineers (SAE).

Super Great terbaru hadir dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2 dengan sistem “Active Drive Assist”, serta “Active Brake Assist 5 (ABA®5)” yaitu sistem mitigasi benturan yang dapat secara signifikan dapat mengurangi beban pengemudi.

“Active Drive Assist” menganalisa kondisi dan jalur jalan berdasarkan pada informasi yang diperoleh melalui kombinasi radar berpresisi tinggi serta kamera yang dipasang di bagian depan kendaraan.

Sistem pendukung kemudi otomatis level 2 dapat mengontrol akselerasi, rem, dan kemudi secara bersamaan. Sistem ini dapat berjalan melalui kombinasi sistem control cruise Proximity Control Assist® serta sistem Lane Keeping.

“Active Drive Assist” akan membantu mengurangi rasa lelah pengemudi sehingga tetap aman berkendara. Terlebih lagi sistem “Lane Departure Protection” versi terbaru akan membawa kendaraan tetap dalam jalur saat input kemudi memasuki kecepatan 60km/jam atau lebih.

Super Great model 2019 juga dilengkapi dengan fitur Active Brake Assist 5 (ABA®5) terbaru dengan akurasi yang lebih tinggi, memberikan tingkat keselamatan lebih tinggi.

ABA®5 mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat menghindari benturan.

Selain itu, akurasi untuk mendeteksi pejalan kaki semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan kendaraan dapat menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.

Super Great model 2019 juga dilengkapi dengan sistem keselamatan berkendara tingkat tinggi. Sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan.

Fitur ini menghilangkan pengaturan lampu secara manual oleh pengemudi. Super Great 2019 juga dilengkapi dengan sistem Traffic Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.

Peluncuran Super Great model 2019 merupakan bagian dari strategi Daimler Truck menuju otomatisasi truk level 4. Super Great mengikuti jejak Mercedes-Benz Actros dan Freightliner Cascadia, menjadi HDT ketiga yang memiliki fungsi teknologi pendukung kemudi otomatis level 2.

Awal tahun ini, Daimler Trucks telah berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta Euro dalam pengembangan teknologi pendukung kemudi otomatis level 4. Sejak itu, Daimler Trucks telah meresmikan Autonomous Technology Group, sebuah organisasi global yang mengkoordinasikan penelitian dan pengembangan teknologi kemudi otonom untuk truk-truk di Eropa, AS, dan Jepang.

[EYD]