VOLKSWAGEN AKAN PRODUKSI TRUK DAN BUS LISTRIK, MODEL PERDANA RILIS AKHIR 2017

Foto: Noticias Automotivas

MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Divisi bisnis kendaraan komersial Volkswagen, Volkswagen Truck & Bus, membuat langkah mengejutkan dengan rencana mereka untuk segera memproduksi truk dan bus bertenaga listrik.

Langkah itu diambil sebagai upaya VW berkontribusi dalam menekan emisi gas karbon ke udara di sektor transportasi. Selain memproduksi truk dan bus listrik, divisi ini juga akan memproduksi kendaraan otonom.

truk vw 1Untuk project ini, VW menginvestasikan dana 1,4 miliar euro atau sekitar 1,7 miliar dolar AS yang akan dialokasikan untuk belanja teknologi termasuk electrik powertrain, perangkat lunak berbasis cloud dan sistem otonom. Untuk project ini, VW akan melibatkan Navistar untuk electric drivetrain pada kendaraan truk yang akan diproduksi.

Kendaraan listrik pertama yang akan diproduksi VW adakan eCrafter, kendaraan niaga ringan untuk armada pengiriman (delivery) yang akan diluncurkan ke pasar akhir tahun 2017 ini.

Kendaraan e-Delivery akan diproduksi massal di pabrik VW di Brasil mulai 2022 dan dirancang sebagai kendaraan kiriman barang untuk jalanan di kota besar.

VW saat ini juga sedang mengembangkan I.D. Buzz Cargo yang menurut rencana akan meluncur ke pasar di tahun 2022. I.D. Buzz Cargo akan berwujud compact van yang didesain kompak dan fungsional dan modelnya diadopsi dari van VW Bulli.

Khusus untuk bus listrik, VW akan memproduksi bus tersebut melalui dia merek bus miliknya, yakni MAN dan Scania dan akan mulai diproduksi massal tahun 2022.

“Volkswagen Truck & Bus telah mendeklarasikan tekat menjadi nomor satu dalam penyediaan kendaraan bertenaga alternatif,” sebut CEO Volkswagen Truck & Bus, Andreas Renschler dalam pernyataan resminya. Dia menambahkan, dengan strategi ini, Vokswagen telah menambah portofolio produknya yang akan dilepas ke pasar.
[EGI YUDHISTIRA]