Ini Dia 15 Besar Peserta Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest 

AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan 15 besar peserta Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz) di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (30/9/2023).

Toyota dan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk mengelaborasi berbagai ide konversi mobil niaga serbaguna berbasis Rangga Concept supaya lebih banyak inspirasi diperoleh dalam memenuhi mobilitas berbagai aktivitas usaha.

Tim juri yang berasal dari NMAA National Judge, Jurnalis Otomotif, dan Designer Team Rangga Concept PT TAM, memilih 15 kontestan yang terdiri atas 5 peserta untuk masing-masing tema lomba yakni Business, Public Service, dan Lifestyle.

“Melalui visi To Contribute More to Society, PT Toyota-Astra Motor (TAM) ‘mengajak’ masyarakat luas untuk memberikan kontribusi dalam menciptakan desain konversi Rangga Concept sesuai tema yang dapat dipilih, dengan style eksterior dan interior yang stylish dan trendy, serta memenuhi nilai-nilai estetika, fungsionalitas, dan aplikatif di lapangan,” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Dengan visi Mobility for All, Toyota ingin mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan dan menggerakkan roda perekonomian ketika memperkenalkan Rangga Concept di ajang GIIAS 2023 lalu. 

Commercial Concept Car ini dapat dikonversi menjadi berbagai moda mobile business sesuai kebutuhan pelaku usaha. Untuk mencapai tujuan tersebut, Rangga Concept akan melewati tahapan desain hingga produksi di mana PT TAM menjalankan konsep kolaborasi dengan berbagai pihak dalam proses riset dan pengembangannya.

Toyota Rangga Concept Digimodz merupakan bagian dari tahap awal pengembangan Rangga Concept sebagai kendaraan niaga serbaguna yang terinspirasi dari kesuksesan Toyota Kijang Pick Up.

Seperti diketahui, Toyota menggandeng body builder lokal dalam memproduksi berbagai turunan produk Kijang Pick Up yang terbukti andal untuk mendukung berbagai kegiatan usaha hingga ke pelosok negeri.

Pendekatan serupa kembali dilakukan pada Rangga Concept, bahkan memberikan kesempatan luas kepada masyarakat umum untuk turut serta dalam menampilkan ide-ide kreatif nya.

Dengan tema Business x Public Service x Lifestyle, Toyota mengajak para pecinta otomotif untuk berpartisipasi agar lebih banyak lagi ide desain fresh dan kreatif yang bisa diaplikasikan sesuai business model pelanggan, bahkan menciptakan peluang usaha baru yang berkelanjutan.

Para peserta dapat membuat desain virtual berdasarkan 3 pilihan tema, yaitu Business untuk menjalankan aktivitas usaha pelanggan, Public Service untuk memberikan layanan kepada masyarakat, dan Lifestyle untuk mendukung gaya hidup pemiliknya.

Masing-masing tema mensyaratkan kendaraan komersial yang fungsional dan serbaguna, dengan mobilitas dan daya tahan tinggi, serta sosok yang eye catching dan atraktif.

Setelah melewati proses penjurian yang ketat, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan 15 besar peserta yang dibagi menjadi 5 peserta untuk masing-masing tema di Booth D1 Hall B JCC.

Partisipasi masyarakat umum terbilang luar biasa dan patut dibanggakan, di mana terpilih 10 kontestan perorangan bersama 5 kontestan yang berasal dari perusahaan body builder.

Kreativitas dan inovasi desain yang ditampilkan juga patut diapresiasi dengan ide-ide fresh dan kekinian berdasarkan tema kompetisi.

Ide desain yang ditampilkan juga terbilang menarik dan aplikatif sebagai penunjang aktivitas bisnis dan layanan masyarakat.

Seperti ide membuat showroom sepeda motor berjalan, kendaraan pengangkut ayam, atau mobile barbershop.

Ada pula ide kendaraan toilet untuk difabel, pemadam kebakaran, dan mobil kebersihan lingkungan. Untuk lifestyle, ditampilkan ide kendaraan pendukung hobi bersepeda atau kendaraan piknik keluarga.

Selanjutnya, akan dilakukan proses penjurian untuk mendapatkan 9 besar yang melaju ke babak final dan kemudian dipilih 3 pemenang pertama masing-masing tema lomba.

Peserta akan memperebutkan hadiah total Rp 130 Juta dan akan berkolaborasi mengiplementasi desain finalis ke model skala 1:1. Informasi lebih lengkap mengenai Toyota Rangga Concept Digimodz serta paparan ide dan visual desain peserta yang lolos ke babak 15 besar dapat dipelajari lewat www.ranggaconceptdigimodz.com.

“Toyota ucapkan selamat kepada para peserta yang telah lolos ke babak 15 besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest dan semangat berjuang hingga babak final nanti. Kami menghargai hadirnya ide-ide kreatif dari tangan terampil masyarakat yang begitu bersemangat mengikuti lomba desain commercial concept car pertama di Indonesia ini. Sejalan visi Mobility for All, semoga dapat lahir desain-desain konversi Rangga Concept hasil karya anak bangsa yang dapat melanjutkan DNA ketangguhan dan keandalan Toyota Kijang Pick Up serta mendukung dan menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Dimas Aska, Head of Interactive Communication PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Berikut daftar 15 besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest

Tema Business

1. PT. Sentrabumi Palapa Utama – Mobile Stage Display

2. Dhandy Ramadhan – Chicken Transporter

3. Delvin Nazala Rozzan – Barbertruck

4. Aji Rismawanto – Mobile Gadget Store

5. Rizal Arofah Dzikri Amruloh – Retro Foodtruck

Tema Public Service

1. Jaeni Kurniadi – Mobil Kebersihan

2. Bayu Hari Wibisono – Toilet Difabel

3. Dandung Prasojo – All In One Rescue

4. DSP Styling – Ditpolsatwa Model Body

5. Deden Desmahikmawan – Fire Fighter

Tema Lifestyle

1. CV. Delima Mandiri – Motorhome

2. Yoga Budi Widiantoro – Cyclist Cruiser

3. Agus Sulistya Budi – Campervan

4. Bernard Harianto – Rally Pick Up

5. Muhammad Rizky Kevindra – Rangga Speed Machine

[MNR]

About pekik udi irianto 2397 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present