Asuransi Astra Gandeng Yayasan Dharma Bhakti Astra Gelar Literasi Keuangan

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Asuransi Astra bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) menggelar literasi keuangan melalui acara talkshow, Morning Talks with MSMEs #LangkahSederhana menjadi Digitalpreneur & Cerdas Mengelola Aset secara luring di Gallery YDBA, Sunter (8/3).

Sekaligus dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini, 8 Maret 2023, kegiatan ini dikhususkan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan.

Hal ini juga merupakan upaya Asuransi Astra dalam mendukung arahan OJK dalam peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia di tahun 2024, yang mana salah satu di antara lima sasaran prioritas kegiatan literasi dan inklusi ini adalah para pelaku UMKM.

Dalam Morning Talks ini juga para UMKM berkesempatan untuk memperkaya wawasan mengenai digitalisasi dalam bisnis melalui sharing yang disampaikan oleh UMKM Mandiri Binaan YDBA, Leony Agus Setiawati.

Kita semua menyadari, bahwa saat ini kegiatan berbisnis tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa, terlebih kemajuan teknologi yang sangat pesat memaksa para pelaku bisnis untuk mengoptimalkannya.

Dalam kesempatan ini, Leony berbagi cerita mengenai penerapan digitalisasi dalam usahanya secara bertahap. Mulai dari penggunaan media sosial yang mengikuti tren maupun segmentasi pasar saat ini hingga pembukuan usaha yang menggunakan aplikasi.

Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio yang hadir dalam Morning Talks ini berharap, kegiatan kolaborasi YDBA bersama Asuransi Astra ini diharapkan bukan hanya semakin tercerahkan mengenai digitalisasi maupun literasi keuangan, tetapi juga bisa menjalankannya secara bertahap, sehingga dapat mendukung bisnis yang naik kelas dan mandiri.

Pada sesi berikutnya, talkshow Morning Talks with MSMEs membahas mengenai pentingnya manajemen risiko terhadap aset yang dimiliki yang dibawakan oleh Business Unit Manager Financial Institutions & Banking Asuransi Astra, Aprilia Sri Wulandari.

Dalam pemaparannya, Aprilia menekankan pentingnya memberikan perlindungan yang tepat untuk aset hingga kesehatan pelaku usaha sendiri guna menghindari risiko tak terduga yang merugikan.

“Beberapa risiko nyatanya dapat diprediksi. Kita dapat menghindarinya dengan memitigasi risiko yang terprediksi tersebut dengan memberikan perlindungan asuransi. Sehingga jika suatu hari risiko itu terjadi kita tidak perlu lagi gigit jari dan bisnis yang kita geluti pun tetap dapat abadi dari generasi ke generasi. Karena sangat disayangkan jika sebuah usaha yang sudah dibangun sedemikian rupa dengan dedikasi luar biasa dapat gulung tikar dalam sekejap hanya karena tidak memiliki persiapan terhadap kejadian yang merugikan menimpa,” terang Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra.

“Melalui kampanye kehumasan #LangkahSederhana ini, Asuransi Astra ingin mengajak masyarakat untuk berani mengambil langkah-langkah yang terlihat kecil namun memiliki impact yang besar dan berjangka panjang seperti berasuransi. Karena kami percaya dengan memulai mengambil langkah dari yang kecil ini, kita dapat membuat kemajuan secara konsisten, membangun momentum yang baik, dan memperjelas tujuan yang ingin diraih sehingga menciptakan peace of mind pada setiap lembaran hidup,” imbuh Iwan.

[GLG]

About Gilang Budiman 1297 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website