Bukan Lagi LCGC, Toyota Agya Punya Tipe GR Sport dengan Fitur Plus Plus!

AFTERMARKETPLUS.id – Sobat aftermarketplus.id tentu mengenal salah satu produk Low Cost Green Car (LCGC) besutan Toyota, yakni Toyota Agya. Namun Faktanya, kendaraan tersebut naik kelas dengan tipe GR Sport-nya lho!

Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa kehadiran Agya GR Sport menambah pilihan bagi konsumen yang menyukai tipe hatchback dengan keunggulan dan fitur yang banyak.

“Selama 10 tahun kan kita hanya jual tipe LCGC ya. Kami sangat yakin dengan produk ini (GR Sport) memiliki keunggulan yang sangat banyak. Mulai dari engine hingga suspensi serta fitur-fiturnya,” terang Jimmi kepada aftermarketplus.id di Bali (05/04/2023).

Ia juga menambahkan, All New Agya sejak awal peluncurannya pada Maret 2023 lalu memiliki catatan positif. Dari penjualan, Toyota mengklaim telah mendapat 2.400 SPK yang didominasi tipe G.

Sedangkan untuk tipe GR-Sport, ia juga berujar memberikan catatan penjualan 10-15 persen. Artinya berkisar 360 an unit.

Komposisi All New Agya GR Sport akan menambah value kendaraan Agya sehingga terlepas dari segmen LCGC.

Dari segi harga, varian GR Sport terdapat dua piihan yakni bertransmisi manual dan otomatis CVT. PT Toyota Astra Motor membanderol Agya 1.2 GR-S M/T dengan harga Rp 237,5 juta sedangkan Agya 1.2 GR-S CVT Rp 253,5 juta on the road Jakarta.

Harga tersebut selisih cukup jauh dari All New Agya segmen LCGC yang seharga mulai Rp 167,9 jutaan. Jimmi juga menjelaskan, perbedaan harga tersebut sudah disesuaikan dengan penambahan fasilitas yang diberikan.

“Agya GR Sport memenuhi kendaraan dengan kisaran harga Rp 250-300 jutaan dari kendaraan yang dimiliki Toyota. Namun kita juga menerima masukan dari konsumen terkait kebutuhan jika memang fokus pada harga,” jelas Jimmi.

Terkait durasi kendaraan sampai ke konsumen, Jimmi mengatakan bahwa produksi terus berjalan sehingga ia memastikan tidak ada indent.

Catatan aftermarketplus, Toyota Agya GR Sport mengandalkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan panjang 3.380 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan wheelbase 2.525 mm. Sedangkan dimensi lebih panjang dari tipe lainnya sebesar 70 mm.

Dari segi mesin, yaitu memakai mesin bensin 3-silinder 1.198 cc Dual-VVTi (WA-VE) yang menghasilkan tenaga 88 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm/4.500 rpm.

[MNR]

About pekik udi irianto 2274 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present