Mazda 3 Semakin Sporty!

Foto: aftermarketplus.id

FIRST IMPRESSION

AFTERMARKETPLUS.id – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) secara resmi memperkenalkan varian baru hatchback sporty Mazda3 Speed.

Melihat tampilannya memang semakin sporty. Tampilan eksteriornya, kini mobil tersebut disematkan body kit pada bagian depan, samping dan belakang.

OA3Terdapat lekukan untuk jalur angin saat mobil melaju kencang. Spionnya yang tadinya sewarna dengan body mobil kini menjadi warna hitam.

Peleknya kini menggunakan ring 18 inci berwarna hitam. Selain itu pada bagian belakangnya terdapat roof spoiler dan antenna dengan model sirip hiu berwarna hitam juga.

Dengan adanya beberapa aksesoris tambahan tersebut membuat mobil ini semakin sangar. Sementara itu, bagian lain seperti lampu LED bagian depan dan belakang, serta model grill masih sama seperti Mazda 3 yang biasa.

Masuk ke dalam kabinnya, interiornya pun sama seperti Mazda 3 biasa. Joknya model semi bucket dilapisi kulit kelas wahid berwarna hitam.

Posisi duduknya ergonomis. Terdapat setir palang tiga warna hitam berpadu dengan aksen chrome dan layar 7 inci dengan MZD Connect hingga sunroof. Semua tombol di dasbor dapat dioperasikan dengan mudah karena terjangkau semua dengan tangan.

Nah yang membedakan adalah, kini Mazda 3 Speed sudah dilengkapi dengan pedal sport dengan bahan alumunium. Lalu sill platenya yang bertuliskan Mazda 3 kini bisa menyala.

Lampu kabinnya kini juga sudah menggunakan LED. Sehingga penerangan di dalam kabin kian terang dan berasa mewah seperti layaknya mobil buatan Eropa.

Nah bagaimana dengan mesinnya? Seperti model-model lainnya di Indonesia, varian Mazda3 Speed juga mengusung teknologi SKYACTIV unggulan Mazda, mulai dari mesin SKYACTIV-G 2.0 L, transmisi SKYACTIV-DRIVE dan rancang bangun chassis serta bodi dengan teknologi SKYACTIV-CHASSIS dan SKYACTIV-BODY.

Mazda3 Speed juga telah dilengkapi fitur i-ELOOP untuk meningkatkan efisiensi berkendara serta mengaplikasikan G-Vectoring Control (GVC) untuk mendukung pengendalian lebih baik di tikungan.

OA2Di balik kap mesinnya, Mazda3 Speed mengusung mesin 4-silinder 2.000 cc bertenaga 163 hp dan torsi puncak 210 Nm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-speed.

Sayang sekali di sektor performa, mesin yang digunakan hanya berkapasitas 2.000 cc. Padahal di Jepang ada loh yang bermesin 2.500 cc dan bertenaga 184 dk.

Bahkan di generasi sebelumnya, Mazda 3 Speed mempunyai mesin dengan kapasitas 2.300 cc turbo bertenaga 200 hp lebih.

Berminat? Varian Mazda3 Speed tersedia untuk semua pilihan warna Mazda3 yaitu Snowflake White Pearl Mica, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic.

Mazda3 Speed memiliki banderol harga Rp 442.800.000,- (on-the-road Jabodetabek). Penambahan harga Rp 4.000.000,- untuk warna special Machine Grey dan Soul Red Crystal Metallic.

About Gilang Budiman 253 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website