Merasakan Jadi Sopir Tembak Sehari Bersama Tata Super Ace HT

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengajak 11 awak media nasional untuk menjajal sekaligus menguji kehematan penggunaan bahan bakar dari Tata Super Ace HT dan Xenon HD (20/12).

TATAC 2Kami memilih Tata Super Ace HT untuk test drive karena model inilah penyumbang terbesar penjualan Tata di Indonesia sekitar 70 persen dari total penjualan. Model ini paling banyak diminati di daerah Jawa Timur.

Test drive mengambil start dari Lot 9 kafe di Bintaro, Pamulang, Tol BSD, Serpong, BSD Alam Sutera dan kembali ke Bintaro dengan jarak sekitar 40 km.

Kabin Tata Super Ace HT lumayan lega, terbukti dengan kami berdua duduk di dalam masih menyisakan ruang kaki serta posisi duduk ergonomis.

Menyusuri kepadatan lalu lintas di kawasan Bintaro, Tata Super Ace HT yang dibekali mesin diesel 1.400 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dengan beban muatan 1 ton, tarikannya terasa ringan. Untuk mendahului kendaraan lainpun masih cukup mudah.

TATAC 5Asiknya lagi untuk kondisi lalu lintas dalam kota, mengendarai Super Ace HT cukup menyenangkan. Selain suspensi nyaman setirnya juga enteng. Ini tentu juga memudahkan saat akan parkir.

Memasuki tol BSD, kami disambut hujan deras. Sayangnya, karena Super Ace HT belum dilengkapi dengan AC, embun yang timbul dikaca depan cukup menggangu pandangan kedepan pada saat berkendara.

Di tol BSD Super Ace HT kami pacu dikecepatan rata-rata 60 km/jam. Handling mobil ini cukup mumpuni meskipun dengan beban berat. Satu lagi nilai lebih dari Super Ace HT yaitu pada saat melakukan perpindahan gigi cukup mudah.

Untuk konsumsi bahan bakar dari Super Ace HT juga lumayan irit, dengan metode full to full angka yang kami dapat sekitar 10.9 km/liter dengan berbagai kondisi, seperti muatan 1 ton, hujan, tanjakan, tol dan beberapa kali sempat terjebak kemacetan.

TATAC 4Kiki Fajar, Corporate Communications Head PT TMDI mengatakan, “Exlusive test drive Tata Super Ace HT dan Xenon HD diadakan untuk memberikan kesempatan rekan-rekan media menguji performa torsi baru kedua unit sekaligus menguji konsumsi bahan bakar masing-masing. Hasil untuk Super Ace HT sesuai klaim kami yakni 14 km/liter, Xenon HD 13.3 km/liter dan seharusnya bisa lebih baik.”

Berikut hasil pengetesan konsumsi bbm:

Tata Super Ace HT
1. Group 3 – 14 km/liter
2. Group 1 – 13.5 km/liter
3. Group 2 – 10.9 km/liter
Tata Xenon HD
1. Group 1 – 13.3 km/liter
2. Group 3 – 12.5 km/liter
3. Group 2 – 9.7 km/liter

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present