JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan pilihan yang luas bagi konsumen dalam memilih Toyota Sienta.
Mobil ini terbagi dalam 7 line-up mulai tipe E, G, V, dan Q. Yang menarik Toyota Sienta dilengkapi dengan mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.493 cc 4-silinder, dengan 2 pilihan transmisi. Ada transmisi manual 6 percepatan dan juga otomatis CVT bagi mereka yang mengutamakan kepraktisan.
Untuk impresi berkendara Toyota Sienta manual kami mencoba tipe V M/T. Secara keseluruhan desainnya terlihat gaya dengan tampang depan yang unik dan moderen.
Sementara sektor kaki-kaki, Sienta V menggunakan ban berukuran 195/50 R16 dengan perangkat rem cakram berdiameter 15 inci di keempat roda untuk meredam laju.
Yang kami rasakan walau tidak sepraktis transmisi CVT, komposisi 6 gigi membuat penyaluran tenaga bisa lebih presisi. Begitu juga saat berpindah gigi, kami tidak merasakan entakan berlebihan.
Penyaluran tenaga yang halus dan rapat inilah juga yang memberi kompensasi BBM lebih efisien. Posisi mengemudi ergonomis didukung putaran lingkar kemudi yang enteng dan visibilitas luas membuat pengendaraan Sienta manual ini jadi menyenangkan dan lebih sporti.
Lain halnya ketika menggunakan Toyota Sienta tipe Q dengan transmisi CVT. Dengan mesin yang sama potensi tenaga sebesar 107 dk dan torsi 140 Nm terbukti bisa tersalur lebih optimal dan tanpa jeda ke kedua roda depan.
Berkah transmisi otomatis CVT terbukti memberikan penyaluran tenaga halus dan juga rapat di setiap putaran mesin. Terutama jika Anda bisa menjaga pijakan gas lebih halus dengan stabil maka indikator Eco akan terus menyala dan dipastikan konsumsi BBM akan lebih hemat.
Serunya lagi karakteristik ini bisa berubah lebih asik saat kami ubah ke mode manual. Dengan komposisi 7 percepatan Sport Sequential Shiftmatic kami bisa mengatur posisi gigi dengan lebih pas.
Tidak susah untuk mendapatkan tenaga yang responsif di setiap putaran dan mengatur konsumsi BBM lebih irit.
Oh ya, bantingan suspensi Sienta berasa tepat untuk wilayah urban. Setting ini kami rasa cukup positif meredam guncangan tanpa harus mengurangi kenyamanan dan handling.
[ADV]