Melihat Bagaimana Wuling Confero dan Cortez Dibuat

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Wuling Motors mengajak beberapa media nasional untuk mengunjungi pabriknya yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu unit per tahun ini di daerah Cikarang, Jawa Barat (8/5).

Pabrik dengan luas total 60 hektar yang memproduksi Wuling Confero dan Cortez ini memiliki empat fasilitas produksi. Fasilitas itu termasuk Press Shop untuk memproduksi komponen logam atau yang dikenal dengan proses stamping, Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen logam dengan proses welding.

Kemudian ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dan General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, yang dilengkapi dengan sistem untuk mendeteksi kualitas produk.

KEPAftermarketplus.id berkesempatan melihat secara langsung proses Stamping pabrik Wuling menggunakan teknologi canggih dengan press line yang sepenuhnya otomatis. Teknologi itu juga mempunyai panel samping besar sehingga dapat memproses bodi luar mobil dalam satu tekanan.

Fasilitas Press Shop ini juga dilengkapi dengan sistem robotik yang digunakan untuk memindahkan komponen bodi luar ke press line secara otomatis dengan kapasitas maksimum dapat mencapai 14 komponen per menit.

Proses selanjutnya masuk ke Body Shop. Di sini, komponen-komponen mobil disatukan dengan proses welding. Fasilitas ini dilengkapi dengan FANUC robotics welding untuk mendapatkan akurasi dan kualitas welding yang konsisten.

Setelah komponen mobil disatukan dengan welding, kemudian masuk ke proses pengecatan di Paint Shop.

Arif Pramadana, Manufacturing Director SGMW (Wuling Motors) mengatakan,”Proses pengecatan di Paint Shop ini tertutup agar terbebas dari kontaminasi dengan udara luar dan dilengkapi dengan pengatur suhu dan kelembaban sesuai dengan standar proses pengecatan bodi mobil.”

Terakhir mobil Wuling masuk ke proses General Assembly. Pada proses ini didukung dengan aplikasi pelapisan kaca dengan robotik dan didukung dengan sistem pengisian liquida (cairan rem, radiator dan refrigeran) secara otomatis, agar didapatkan akurasi yang tepat dan waktu yang lebih cepat.

Untuk menunjang proses produksi dengan efisien dan tepat waktu dalam distribusi komponen, dilengkapi pula dengan sistem distribusi SPS (Set Part System) yang bertujuan mengurangi kesalahan dalam pemasangan komponen dan menjamin ketepatan komponen dalam pemasangan.

Wuling Motors sendiri telah bermitra dengan sekitar 20 produsen komponen lokal. Juga sebagai strategi lokalisasi, Wuling Motors membawa 15 pemasok komponen ternama yang ditempatkan di supplier park yang berlokasi di lokasi pabrik.

Sayangnya, pabrik Wuling Motors di Cikarang ini belum memproduksi mesin sendiri, masih didatangkan secara utuh dari China.

“Tidak mudah untuk memproduksi mesin disini, karena butuh investasi yang sangat besar. Jadi untuk saat ini, kita belum ada rencana kesitu karena masih fokus memenuhi permintaan pasar nasional,” ungkap Arif Pramadana.

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present