AFTERMARKETPLUS.id – Pasca diluncukannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, tentu ada yang bertanya-tanya bagaimana Hyundai memposisikannya di Tanah Air.
Melihat Hyundai sudah memiliki Tucson yang sudah bermain terlebih dahulu di segmen SUV.
Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia, Mukiat Sutikno menjelaskan, memang keduanya sama-sama bermain di pasar SUV.
Namun Kona hadir dengan segmen yang cukup baru, alias beda level dengan Tucson yang main segmen Medium SUV.
Bila dari kompetisi pasar, Kona memang akan menjadi rival dari beberapa SUV asal Jepang yang secara segmentasi lebih ke compact premium.
Mukiat menjelaskan, jika melihat dari segmentasi apa yang dituju oleh Hyundai tentu Kona akan bertemu dengan Toyota C-HR atau Mazda CX-3.
“Sebenarya kalau dilihat segmennya ini cukup baru ya. Kenapa saya bilang begitu? karena ini segmennya bukan di level Hyudai Creta maupun juga bukan di level Hyundai Tucson,” jelas Mukiat saat berada di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (24/4/2019).
“Kalau kita lihat mungkin di Indonesia sebenarnya ada dua produk yang sebenarnya similar ke segmennya Kona ini. Yaitu satu Toyota C-HR dan satu lagi Mazda CX-3, dua ini yang dimana kalau kami bilang itu lebih bermain ke compact premium SUV,” tambahnya.
Lebih lanjut Mukiat juga mengatakan bila target yang disasar oleh kedua SUV Hyundai ini berbeda.
“Kalau dibandingkan Tucson itu juga beda, Tucson itu lebih midle-age 35 tahun ke atas. Sedangkan kalau Kona ini bisa dikatakan lebih ke anak muda atau yang berjiwa muda,” tutup Mukiat.
[MNR]